Iman

Oktober 21, 2008 at 2:18 am Tinggalkan komentar

Iman

Imam Al Ghazali Rohimahullah berkata : “Al-Imanu Yazidu Wayankushu, Yazidu bin al-Tha’ah Wa Yankushu bi al-Ma’shiyah”. Ungkapan tersebut kalau diterjemahkan secara bebas kurang lebih berbunyi : “Iman terkadang bertambah terkadang berkurang, iman bertambah manakala kita sering melakukan ketaatan, dan iman akan berkurang manakala kita banyak melakukan kema’siatan”.

Iman adalah mutiara paling mahal, intan paling berharga. Iman adalah sesuatu yang abstrak yang tidak bisa dilihat oleh mata, tidak bisa diraba dengan tangan. Iman hanya bisa dirasakan oleh orang yang memilikinya. Iman kita dikatakan meningkat manakala kita merasakan betapa ringannya melakukan kebaikan dan kebajikan, betapa mudahnya hati ini tersentuh melihat penderitaan orang lain, tidak merasa berat melakukan shalat, dibuktikan dengan selalu shalat pada awal waktu dan berjama’ah di Masjid.

Merasa enjoy membaca Al-Qur’an, hobinya memberikan kemudahan kepada orang lain. Bangun malam terasa indah dirasakan karena saat-saat tersebut sangat dinantikannya. Itulah pertanda bahwa iman kita sedang meingkat. Sebaliknya iman dikatakan menurun, manakala kita sangat malas dan berat sekali beribadah, merasa berat dan terpaksa melakukan shalat dibuktikan dengan shalatnya suka di akhir waktu, dan tidak berjama’ah di Masjid. Itulah pertanda iman kita sedang menurun.

Entry filed under: iman. Tags: .

Sabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Oktober 2008
S S R K J S M
    Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Blog Stats

  • 475 hits

%d blogger menyukai ini: